Minggu, 13 April 2014

SISTEM PEMBELAJARAN PPRQ

Sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Roudhotul Qur'an adalah menggunakan sistem campuran, yakni :
  1. Pembelajaran Salaf yang meliputi kajian kitab-kitab klasik berupa kitab Fiqh, Tafsir, Tasawuf dan Akhlak, serta ilmu untuk membaca kitab-kitab klasik tersebut (nahwu shorof). Pada pembelajaran ini terdapat beberapa kelas/jenjang/tingkatan.
  2. Pembelajaran Al-Qur'an. Pada pembelajaran Al-Qur'an ini mempunyai beberapa tingkatan yakni :
    • Tingkat Persiapan (Iqro') yakni tingkat paling dasar untuk membaca Al-Qur'an. Pada tingkat ini santri akan dibimbing untuk belajar membaca huruf-huruf Hijaiyah dengan baik dan benar, pada tingkat ini pula santri akan mempelajari bacaan-bacaan tajwid dengan baik. Setelah melalui beberapa tes dan evaluasi maka santri yang berada di tingkat persiapan bisa melanjutkan ke tingkat Lanjutan.
    • Tingkat Lanjutan (Juz 'Amma/Juz ke 30) yakni tingkat lanjutan setelah pembelajaran Iqro'. Pada tingkat ini santri akan dibimbing untuk bisa membaca dan menghafalkan Juz ke 30 dari Al-Qur'an atau biasa disebut juga dengan Juz 'Amma. Yang diharapkan pada tingkat ini yakni dalam 6 Bulan santri mampu menghafal Juz 'Amma dengan baik dan benar. Setelah melalui beberapa tes dan evaluasi, santri yang lulus dari tes dan evaluasi yang berada di Tingkat Lanjutan akan bisa melanjutkan ketingkat berikutnya
    • Tingkat Binnadzor/Binnadzri (Membaca), yakni tingkat selanjutnya setelah melalui tingkat Juz 'Amma. Pada tingkat ini santri akan mempelajari membaca seluruh Al-Qur'an secara intensif dengan tartil serta baik dan benar baik dari Tajwid maupun cara berhenti atau Waqof. Sama dengan tingkat Juz 'Amma, pada tingkat ini santri diharapkan selesai pada tingkat ini yakni kurang lebih selama 12 bulan (1 Tahun). Setelah menyelesaikan membaca Al-Quran dengan dibimbing oleh Ustadz maupun Ustadzah, santri akan di uji dan di evaluasi. Apabila santri lulus uji dan evaluasi maka diperbolehkan untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya.
    • Tingkat Bil Ghoib (Hafalan), yakni tingkat terakhir dari beberapa tingkat yang ada. Pada tingkat ini, santri akan menghafalkan 30 Juz Al-Qur'an dengan bacaan yang tartil. Tingkat ini akan dibimbing langsung oleh Ibu Nyai atau Putra dan Putri beliau.

    Setelah melewati beberapa tes dan evaluasi pada tingkat Juz 'Amma, Binnadzor/Binnadzri, maupaun Bil Ghoib maka setiap santri berhak mengikuti Wisuda atau biasa disebut sebagai Khotmil Qur'an setiap tahunnya yang diadakan di depan Komplek PPRQ Sirau. Selain itu santri juga berhak mengikuti wisuda kitab klasik yang diadakan secara bersama-sama dengan Khotmil Qur'an setelah melewati beberapa tes dan evaluasi.

1 komentar:

  1. Mohegan Sun - Casino & Resort - KFOX 14
    A full time job at Mohegan 광주 출장마사지 Sun. Includes an Internet 제주 출장샵 connection and 1,200 slot machines. Guests 대구광역 출장샵 also have access 구리 출장샵 to the fitness center 진주 출장샵 and

    BalasHapus